Minggu, 15 Januari 2012

KETERBATASAN


Keterbatasan ??
Kata itu bisa diartikan dalam banyak makna.
Mungkin keterbatasan mental, keterbatasan fisik, keterbatasan dana, keterbatasan udara, keterbatasan sumber daya, keterbatasan ruang gerak, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Yang gue rasa mulai dari gue bisa kenal keluarga gue sampe sekarang gue udah bisa kenal banyak orang adalah KETERBATASAN RUANG GERAK.
Why??
Gue ceritain  dari awal yaa..
Awal gue ngerasain keterbatasan ruang gerak itu pas mama(alm) meninggal karena sakit yang ga bisa sembuh walau udah operasi, pengobatan alternative dll. Sebelum mama(alm) meninggal dia sempet ngasih ade buat gue dan kakak gue. Pas mama meninggal gue baru kelas 2 SD, kakak gue kelas 6 SD, ade gue umur 1 thn 7 bln. Dan saat itu kakak gue lagi UN, kebayang ga gimana setresnya dia??
Saat itu gue dirumah Cuma ber4, gue,ade gue, mama, dan pembantu gue. Mama meninggal dalam keadaan yang menurut gue bener2 tenang, kenapa? Soalnya mama meninggal sesaat setelah dia minta nambah makan dan kaya orang yang lagi tidur..gue nyaksiin sendiri kejadiannya dan Cuma gue yang liat.
Sejak saat itu berapa bulan gue hidup Cuma ber4, papa, kakak, gue, dan ade gue. Yaaa jabatan gue nambah 1, ngerangkap nyokap buat ade gue hehe
 Sampe akhirnya bokap nemuin mama baru buat kitaJ
Awalnya gue sama kakak gue ga setuju dang a suka sama calon mama baru kita itu. Si calon mama baru itu emang getol banget buat deketin kita2,,mulai dari nelpon nanyain kabar, nelpon nanyain suka topi yang kaya gimana(mau dibeliin topi uhuyyJ), sampe sering main kerumah..
Gue sering ngetes si calon mama baru itu, salah satu caranya dengan gue pura2 tidur deket dia dan pura2 ngulet2 kaya ulet. Dan reaksi dia adalah nepok2 badan gue, ngelus2 pala gue sampe akhirnya gue tidur beneran hehe :D
Dari situ gue mulai setuju dengan hubungan itu. Dan akhirnya resmilah dia jadi mama baru kita.
Liat ade gue bisa langsung akrab dan manggil dia mama itu rasanya seneng banget, seenggaknya ade gue beneran ngerasain belaian seorang ibu.
Tahun demi tahun kita lalui sebagai keluarga kecil yang sederhana,, pas gue smp mama punya dede lagi diperutnya ahahay asiik asiik punya dede lagiJ
Seneng banget bisa punya ade lagi, meskipun gue tau gue yang bakalan repot ngurusin dede baru tapi emang gue suka anak bayi, yaaaa asik asik aja sih
Ade bayi gue udah makin besar, lucu banget pas liat dia bellajar tengkurep hahahah sampe nyungsep2 gitu.
Nah pas ade gue masuk TK, baru deh berasa betapa sempitnya ruang gerak buat gueL
Ade gue yang pertama udah SD dan gue juga ngerasa betapa sempitnya ruang gerak gueL
Setiap mau main sama temen2 pas gue kecil dulu pasti harus ajak ade gue yang pertama, dan akhirnya yang main bukan gue tapi ade gue dan gue yang ngejagain.
Gue SMP, ade pertama geu udah jago main sendiri,,giliran ade kedua gue yang gerecokin masa2 SMP gue..
Karna nyokap kerja otomatis ade gue yang terakhir deketnya sama gue dan apa2 maunya sama gue..semakin sempitlah ruang gerak buat gue.
Temen2 gue sering ngajakin main tapi gue selalu jawa “ sory gue ga bisa, ade gue nangis kalo gue tinggal dan ga boleh juga sama mama “
Yaaa mungkin karna gue masih kecil makanya itu semua gue anggep sebagai rasa bakti gue ke mama yang udah mau ngurusin gue, kakak, dan ade2 gue.
Gue maikn besar dan ade2 gue udah juara main sendirian diluar rumah bahkan udah pada ngerti cowo ganteng dan cowo jelek hahaha dasar anak kecil jaman sekarang. Perasaan dulu gue kecil ga gitu2 amat deh .
Ade2 gue udah pada jago ngejawab omongan gue sama kakak gue tapi tetep aja gue ga bisa kemana2L
Sekarang gue udah kuliah dan itu masih berlaku…temen2 gue dikampus pernah buka sebuah obrolan tentang BIOSKOP. Dan salah satu dari mereka nanya “hayoo siapa yang belom pernah kebioskop?? Hahaaha”
Dengan tanpa dosanya gue jawab “gue belom pernah”
Mereka langsung sontak kaget dang a percaya, “serius lo jeng belom pernah??”
Gue ngangguk aja, dan emang bener belom pernah.
Yang gue inget terakhir kali gue masuk kegedung yang mirip keong dan didalemnya kaya bioskop itu pas masih kecil,,iya pas gue masih kecil gue pernahnya masuk ke keong racun ehh keong mas maksudnya…J
Mereka sangat akrab dengan film2 layar lebar dan gue sangat akrab dengan film2 layar kecil,,
Mereka bisa jalan kapanpun mereka mau dan saat mereka punya uang juga, kalo ga punya uang juga mereka dirumah aja..
Nah gue mau ada ga ada uang tetep dirumah aja. Mau ikutan bakar2 dirumah yang ga jauh dari rumah gue aja ga boleh. Mau buka puasa dirumah guru SMA aja ga boleh, dari kelas 1-3 SMA ga pernah ikut perpisahan kelas dan buka puasa disekolahan.
Kalo ga belajar bareng alasan apapun gue ga akan pernah bisa keluar dari rumahL
Kalo gue ga bandel dan nekat main jauh2 gue pasti ga tau apa2..
Kaya beberapa hari yang lalu diwarung depan kampus pas kita lagi makan temen2 gue ngebahas film2 bagus ditahun 2012 dan film2 yang ada dinetbook temen gue. Ada tuh satu film yang judulnya ada pie2nya..
Gue kirain itu film tentang kue2 pie,,eh ternyata bukan!!!!
Pantes aja pas gue sebut judul filmnya keras2 temen2 gue pada bilang hussstttt..pelan2!!!
Malu tingkat dewa gue!
Sabtu minggu orang2 pada keluar buat jalan sama temen atau pacarnya..gue??  STAY HOME!
Kakak gue sabtu bisa keluar buat jalan sama cewenya + ngerjain skripsinya yang sempet tertunda.
Nah gue Cuma berharap ditv ada acara yang bagus dan bisa ngilangin bĂȘte gue.
Yyyaaaahhh…mungkin memang sudah nasib kali yee gue kaya gini. Bagai burung dalam sangkar besi karatan.
Sabar lagi sabar lagi
Sabar maning sabar maning
Gue sayang sama mama, papa, kakak dan ade2 gue,,tapi gue juga butuh sesuatu yang bisa bikin gue seneng buat ngilangin setres…Sekali lagi gue Cuma bisa sabar!
Semua pasti ada waktunya!
Ada waktunya gue untuk nurut dan berbakti sama keluarga gue.
Ada waktunya gue untuk nyenengin keluarga gue.
Ada waktunya gue untuk cinta-cintaan.
Ada waktunya gue untuk galau mode on.
Ada waktunya gue untuk seneng2 sama keluarga gue.
Ada waktunya gue untuk seneng2 sama temen2 gue.
Ada waktunya gue untuk serius belajar.
Ada waktunya gue untuk jadi bandel.
Ada waktunya gue untuk jadi males2an.
Ada waktunya gue untuk jadi super rajin.
Dan, Ada waktunya gue untuk BEBAS, FREE, LEPAS, TERBANG, BERLARI SEJAUH MUNGKIN MENCARI KEBEBASAN DAN KEBAHAGIAAN  GUE SENDIRI!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih :)
sudah membaca blog aku, ada yang ingin disampaikan kepada aku?